Mulai Langkah Membangun Negeri dengan Berinvestasi SBN

Monster Hobby - Bagi investor pemula seperti saya, Surat Berharga Negara, atau yang biasa disingkat SBN, belum begitu familiar dalam mengenal produk-produk yang ada di dalamnya. Terlebih, saya termasuk orang yang sebisa mungkin menghindari segala bentuk pembelian saham atau deposito non syariah. Makanya, selama ini saya hanya tahu seputar deposito syariah saja. Namun, teman-teman dekat saya mencoba menjelaskan bahwa menyimpan uang secara syariah tak melulu melalui deposito syariah. 

Investasi
Ilustrasi Investasi
Teman-teman saya menyarankan supaya saya menginstal aplikasi tanamduit, yang mereka sebut sebagai aplikasi asuransi terbaik, sekaligus sebagai aplikasi investasi paling rekomen masa kini. Mereka menginformasikan bahwa di dalam aplikasi tersebut terdapat banyak produk investasi syariah, yang bahkan nilai imbal hasil bulanannya lebih tinggi dibanding deposito syariah.

Penasaran, saya pun segera menginstal tanamduit di ponsel saya, dan menjelajahi setiap produk yang ditawarkan di dalam aplikasi ini. Benar saja, ada banyak produk investasi, bahkan produk asuransi yang menarik untuk dibeli. Mengenai produk investasi sendiri, aplikasi ini menyediakan produk investasi, dari yang berprinsip syariah hingga yang non syariah. 

Aplikasi tanamduit ini menyajikan secara lengkap informasi mengenai masing-masing produknya, baik produk asuransi maupun investasinya. Saya pun coba membaca satu per satu informasi produk investasi di dalamnya, seperti reksadana, serta produk-produk investasi yang terdapat dalam menu "SBN". Produk investasi di dalam menu "SBN" merupakan produk investasi yang dijual oleh pemerintah guna membantu pembiayaan proyek BUMN, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Terdapat beberapa jenis investasi di dalam menu tersebut, seperti Saving Bond Ritel (SBR), Obligasi Ritel Negara (ORI), dan Sukuk Tabungan. Setiap produk pun terdapat informasi yang cukup lengkap, mulai dari mekanisme transaksi pembelian, nominal per unit, cara penghitungan bulanan pembayaran kupon beserta penghitungan pajaknya, keuntungan dan risiko berinvestasi, tujuan penggunaan dana hasil penerbitan, cara transaksi pembelian, penjelasan alur distribusi, hingga jadwal penetapan hasil penjualan dan setelmen.

Sebagai seseorang yang menyukai produk investasi syariah, saya pun memilih untuk membeli produk Sukuk Tabungan, yang mana disebutkan bahwa akad di dalamnya menganut prinsip syariah, ditambah imbal hasil bulanannya yang lebih tinggi dibanding deposito syariah. Tentu penawaran seperti ini sangat menarik bagi investor seperti saya.
Share on Google Plus

About Maya Alter

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar