Dekorasi Rumah Ala Scandinavian Untuk Ciptakan Rumah Lebih Unik

Monster Hobby - Berniat mendekor rumah minimalis sederhana dengan desain ala Scandinavian? Sebelum memulai proyek dekorasi rumah dengan desain Scandinavian, kamu perlu mengetahui hal-hal penting mengenai pilihan dekorasi rumah yang satu ini. Terlebih lagi dalam menata dapur dengan dekorasi rumah Scandinavian. Pasalnya, pemilihan kitchen set juga harus benar-benar tepat agar mampu menonjolkan nuansa Scandinavian. Melalui pembahasan kali ini akan diuraikan rahasia penting seputar dekorasi rumah ala Scandinavian,! Mulai dari karakteristik desain bergaya Scandinavian hingga tips-tips merancang dapur dan menyiapkan kitchen set untuk desain Scandinavian. Lebih lengkapnya bisa kamu simak seperti di bawah ini.

Rumah Ala Scandinavian
Ilistrasi
Karakteristik Utama Dekorasi Rumah Scandinavian
Apa yang membedakan dekorasi rumah a la Scandinavian dengan dekorasi lainnya? Dekorasi Scandinavian sebenarnya merupakan sebuah pergerakan dari desain arsitektur, interior dan furnitur yang muncul pada tahun 1950. Dekorasi ini sendiri pada awalnya diusung oleh negara-negara seperti Swedia, Denmark, Finlandia dan Norwegia. Dimana dekorasi rumsh Scandinavian sangat kental dengan karakteristiknya yang simple, minimalis dan fungsional.
Beberapa karakteristik lainnya yang begitu menonjol dari dekorasi rumsh ala Scandinavian diantaranya:

DIDOMINASI DENGAN WARNA NETRAL
Warna netral seperti halnya abu-abu terang dan putih menjadi ciri utama dari dekorasi rumah a la Scandinavian. Warna netral yang digunakan dalam desain ini mampu memberikan kesan ruangan tampak lebih luas sekaligus terlihat elegan. Meskipun dekorasi perumahan yang ada di Palembang bergaya Scandinavian bukan termasuk desain modern, namun jika dilihat akan tampak seperti desain modern.

JENDELA KACA DENGAN UKURAN LEBAR
Kaca bening dengan ukuran yang lebar membuat cahaya matahari menjadi sumber penerangan utama saat siang hari untuk rumah bergaya Scandinavian. Bahkan bisa dikatakan berkat cahaya matahari yang cukup terang memasuki ruangan dengan dekorasi rumah Scandinavian, sudah tidak lagi dibutuhkan adanya penerangan lampu. Desain dekorasi rumah yang membuat kamu lebih menghemat listrik karena tidak perlu lagi menyalakan lampu apa pun saat siang hari.

PLAFON, LANTAI, DAN TEMBOK MENGGUNAKAN KAYU DENGAN DOMINASI WARNA PUTIH
Ciri spesial yang hanya dimiliki dekorasi rumah a la Scandinavian adalah penggunaan kayu berwarna putih pada plafon, lantai dan tembok. Namun, penggunaan kayu disini juga bisa diganti dengan keramik yang memiliki tekstur menyerupai kayu.

FURNITUR DENGAN DESAIN SEDERHANA
Bisa dikatakan bahwa furnitur Scandinavian sangat cocok dengan interior bergaya urban. Keduanya memiliki karakteristik penggunaan furnitur yang ramping. Mulai dari furnitur yang ditempatkan dalam ruang tamu maupun kitchen set yang bisa ditemukan di dapur, semuanya memiliki desain yang sederhana. Meskipun terkesan minimalis, akan tetapi furnitur untuk dekorasi rumah Scandinavian memiliki nilai seni yang sangat tinggi. 

MEMANFAATKAN PEMANDANGAN ALAM
Jendela kaca dengan ukuran lebar pada dekorasi rumah minimalis sederhana Scandinavian bukan hanya berguna sebagai tempat masuk cahaya matahari. Melalui jendela tersebut, kamu juga berkesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar. Karakteristik tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebiasaan orang-orang Scandinavia. Pasalnya, orang-orang Scandinavia memang menyukai pemandangan halaman rumahnya yang ditumbuhi oleh berbagai tanaman.

RAMAH LINGKUNGAN
Desain dekorasi rumah bergaya Scandinavian termasuk salah satu model yang sangat ramah lingkungan. Pencahayaan ruangan dengan memanfaatkan cahaya matahari didukung suasana alam pedesaan yang asri menjadi bentuk hunian yang senantiasa menjaga kelestarian alam.

Kurang lebih itulah karakteristik dari dekorasi rumah bergaya Scandinavian. Selain karakteristiknya pada ulasan kali ini pun akan  berbagi mengenai dekorasi dapur bergaya Scandinavian.

Jika dapur yang kamu miliki berukuran kecil, namun ingin membuatnya lebih fungsional, maka pilihan desain Scandinavian merupakan yang paling tepat. Alasannya tidak lain karena dekorasi Scandinavian memang tampak sederhana dan terkesan minimalis. Bukan hanya itu, desain interior dari gaya dekorasi yang satu ini terkenal dengan susunannya yang sangat tertata, sehingga kamu tidak akan mengalami masalah dengan penataan kitchen set di dalam dapur. Apa saja tips penting dalam mendekor dan memilih kitchen set yang tepat untuk dapur dengan gaya Scandinavian?

Dapur Scandinavian memiliki karakteristik khas warna putih. Bukan tanpa alasan, dominasi warna putih pada desain ini merupakan pilihan yang sangat tepat karena berfungsi memaksimalkan cahaya alami yang ada dalam dapur. Jika dekorasi dapur kamu sudah bernuansa putih, maka kamu hanya perlu menambahkan beberapa sentuhan dibarengi penataan kitchen set yang cerdas sudah mampu menciptakan tampilan Scadinavian.

Pertimbangkan model dan desain kitchen set, pikirkan baik-baik apakah kamu ingin menggabung dapur kotor dan dapur bersih atau memisahkannya. Dalam memilih desain dan model juga harus disesuaikan tema dekorasi dapur kamu. Dimana dalam desain Scandinavian, lebih banyak menggunakan furnitur dengan desain sederhana. Ketahui material dasar kicthen set yang dipilih, seperti misalnya kayu solid, plywood dan lain sebagainya. Pilih warna dan motif yang sesuai dengan dominasi warna dapur kamu. Dapur Scandinavian yang didominasi warna putih, sangat tepat jika kamu memilih kitchen set dengan warna senada. Membuat sebuah rak dari material kayu sebagai alternatif tempat penyimpanan dalam dapur bergaya Scandinavian merupakan salah satu pilihan tepat. Tempatkan beberapa tanaman hijau untuk memberikan kesan hidup sekaligus membuat dapur tampak lebih lega.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar desain dan dekorasi perumahan yang ada di Palembang menarik ala Scandinavian.

Share on Google Plus

About Maya Alter

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar